Selasa, 11 Oktober 2011

Resume perilaku Konsumen

K

onsumen adalah seseorang yang memiliki pendapatan(uang) yang dipergunakan untuk membeli barang kebutuhan. sedangkan perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan seseorang individu atau kelompok dan organisasi dalam mendapatkan atau mengunakan produk. terdapat dua teori pendekatan perilaku konsumen yaitu pendekatan kardinal dan pendekatan ordinal. perilaku konsumen ini sangat didasari dengan motivasi, dan kebutuhan konsumen itu sendiri.

A

da dua teori pendekatan perilaku konsumen, yaitu pendekatan kardinal dan pendekatan ordinal. Perilaku konsumen ini sangat didasari dengan motivasi, dan kebutuhan konsumen itu sendiri.

Ω Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen:

· Kekuatan Sosial Budaya

· Budaya

· Kekuatan Faktor Psikologis

· Faktor Sikap Dan Keyakinan

· Konsep Diri

Status / Penghargaan yang diberikan oleh masyarakat

Ada 3 faktor :
1). Faktor – Faktor Pribadi :
a. Umur dan Tahap daur Hidup
b. Pekerjaan
c. Situasi Ekonomi
d. Gaya Hidup –> Pola kehidupan seseorang yang diwujudkan dalam aktivitas, interest dan opininya. Gaya hidup akan mencakup sesuatu yang lebih dari sekedar kelas sosial atau keperibadian seseorang dan gaya hidup akan menampilkan pola beraksi dan berinteraksi seseorang secara keseluruhan di dunia.
e. Kepribadian dan Konsep diri –> Kepribadian: karakteristik psikologi unik dari seseorang yang menyebabkan respons yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan dirinya sendiri.
2). Faktor Faktor Psikologi
a. Motivasi adalah suatu kebutuhan yang cukup untuk mendorong seseorang untuk bertindak
b. Persepsi –> Proses yang dilalui orang dalam memilih, mengorganisasikan dan mengintepretasikan informasi guna membentuk gambaran yang berarti mengenal dunia.
c. Pengetahuan –> Perubahan dalam perilaku individual yang muncul dari pengalaman
d. Keyakinan dan sikap –> Keyakinan: pemikiran deskriptif yang dimiliki seseorang mengenai sesuatu
Perilaku konsumen menurut saya sangat beraneka ragam, ada aja konsumen yang sangat up to date terhadap produk-produk terkini, dikarenakan mereka lebih mementingkan pricetice semata, tetapi tidak semua konsumen berperilaku seperti itu, yaitu mereka termasuk golongan yang lebih mengutamakan kegunaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar