Rabu, 12 Oktober 2011

Jurnal Perilaku Konsumen

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Restoran McDonald’s
Cabang Bandung Dan Denpasar Bali

Nama pengarang : Bemby Agustian
Tahun : November 2010
Tema : faktor -faktor yamg mempengaruhi perilaku konsumen

  • Latar belakang masalah
Usaha restoran, dewasa ini menunjukkan perkembangan yang relatif pesat, terbukti semakin banyaknya restoran asing yang siap saji merambah Bali. Kecenderungan penduduk kota seperti di Denpasar misalnya, bahwa makan di restoran fast food masih dinilai memiliki nilai sosial atau gengsi tersendiri, yang mampu mengangkat kesan akan status dirinya. Kemudian sering pula ditemui bahwa restoran semacam ini tidak hanya dimanfaatkan untuk tempat makan saja, tetapi juga untuk tempat perayaan acara-acara ulang tahun, syukuran, sambil rekreasi dan sebagainya.Sehingga sangatlah wajar apabila dikatakan bahwa variasi dan sistem pelayanan restoran fast food pada kenyataannya relatif dapat mempengaruhi keputusan seseorang dalam proses pembeliannya
  • Penelitian sebelumnya
Dalam jurnal ini penulis mencantumkan beberapa sumber penelitian terdahulu Menurut Pride dan ferrel (1993:185),(West, 1980:75). (Emerson, 1989:4).
  • Motivasi penelitian
. Untuk mengetahui variabel mana dari variabel-variabel psikografi yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Mc.Donald’s di Bali, Untuk mengetahui pengaruh faktor psikografi terhadap keputusan pembelian konsumen McDonald’s di Bali dan Untuk mengetahui kebijakan pemasaran apa yang harus dikembangkan oleh manajemen Mc.Donald’s, sehubungan dengan hasil analisis pengaruh faktor psikografi terhadap keputusan pembelian konsumen tersebut.
  • Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas, maka yang dijadikan pokok masalah dalam penelitian ini adalah :
  1. Bagaimanakah pengaruh faktor psikografi terhadap keputusan pembelian konsumen McDonald’s di Bali?
  2. Variabel mana dari variabel-variabel psikografi yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Mc.Donald’s di Bali?
  3. Kebijakan pemasaran apa yang harus dikembangkan oleh manajemen Mc.Donald’s, sehubungan dengan hasil analisis pengaruh faktor psikografi terhadap keputusan pembelian konsumen tersebut ?
  • Tujuan penelitian
  1. Untuk mengetahui pengaruh faktor psikografi terhadap keputusan pembelian konsumen McDonald’s di Bali
  2. Untuk mengetahui variabel mana dari variabel-variabel psikografi yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Mc.Donald’s di Bali
  3. Untuk mengetahui kebijakan pemasaran apa yang harus dikembangkan oleh manajemen Mc.Donald’s, sehubungan dengan hasil analisis pengaruh faktor psikografi terhadap keputusan pembelian konsumen tersebut.

Selasa, 11 Oktober 2011

Resume perilaku Konsumen

K

onsumen adalah seseorang yang memiliki pendapatan(uang) yang dipergunakan untuk membeli barang kebutuhan. sedangkan perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan seseorang individu atau kelompok dan organisasi dalam mendapatkan atau mengunakan produk. terdapat dua teori pendekatan perilaku konsumen yaitu pendekatan kardinal dan pendekatan ordinal. perilaku konsumen ini sangat didasari dengan motivasi, dan kebutuhan konsumen itu sendiri.

A

da dua teori pendekatan perilaku konsumen, yaitu pendekatan kardinal dan pendekatan ordinal. Perilaku konsumen ini sangat didasari dengan motivasi, dan kebutuhan konsumen itu sendiri.

Ω Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen:

· Kekuatan Sosial Budaya

· Budaya

· Kekuatan Faktor Psikologis

· Faktor Sikap Dan Keyakinan

· Konsep Diri

Status / Penghargaan yang diberikan oleh masyarakat

Ada 3 faktor :
1). Faktor – Faktor Pribadi :
a. Umur dan Tahap daur Hidup
b. Pekerjaan
c. Situasi Ekonomi
d. Gaya Hidup –> Pola kehidupan seseorang yang diwujudkan dalam aktivitas, interest dan opininya. Gaya hidup akan mencakup sesuatu yang lebih dari sekedar kelas sosial atau keperibadian seseorang dan gaya hidup akan menampilkan pola beraksi dan berinteraksi seseorang secara keseluruhan di dunia.
e. Kepribadian dan Konsep diri –> Kepribadian: karakteristik psikologi unik dari seseorang yang menyebabkan respons yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan dirinya sendiri.
2). Faktor Faktor Psikologi
a. Motivasi adalah suatu kebutuhan yang cukup untuk mendorong seseorang untuk bertindak
b. Persepsi –> Proses yang dilalui orang dalam memilih, mengorganisasikan dan mengintepretasikan informasi guna membentuk gambaran yang berarti mengenal dunia.
c. Pengetahuan –> Perubahan dalam perilaku individual yang muncul dari pengalaman
d. Keyakinan dan sikap –> Keyakinan: pemikiran deskriptif yang dimiliki seseorang mengenai sesuatu
Perilaku konsumen menurut saya sangat beraneka ragam, ada aja konsumen yang sangat up to date terhadap produk-produk terkini, dikarenakan mereka lebih mementingkan pricetice semata, tetapi tidak semua konsumen berperilaku seperti itu, yaitu mereka termasuk golongan yang lebih mengutamakan kegunaan.